Setelah pembukaan oleh gubernur Sumatera Barat yg diwakili Plh kepala dinas pendidikan Provinsi Sumatera barat pada hari pertama dan materi dari dinas pendidikan. Pada hari kedua secara resmi dibuka MPLS tahun pelajaran 2022/2023 oleh kepala sekolah Syarbaini, S. Pt, MP. Yang dalam amanat meminta untuk serius mengikuti semua acara yg telah dijadwalkan. Selain dari itu kls X memulai pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka Belajar sehingga pembelajaran tidak mesti dalam kelas serta adanya P5 yang merupakan kolobrasi pembelajaran oleh guru adaptif yang mengimplementasikan pembelajaran produktif, dan semua memerlukan keseriusan dalam mengikuti semua Mata Pelajaran.

Dengan demikian, pemulihan pendidikan secara nasional akan tercapai lebih cepat dari yang telah dijadwalkan sesuai dengan KTSP yang telah dibuat pada awal bulan Juli 2022 ini.

Pada Hari pertama belajar Tahun Pelajaran 2022/2023 diadakan sekalian pertemuan orang tua peserta didik baru dengan Komite beserta sekolah karena berasal dari berbagai daerah kabupaten kota seSumatera Barat dan sebagian dari provinsi lain. ada 246 orang tua/ wali Peserta didik Baru yang datang pada hari ini merapatkan program sekolah kedepan sehingga orang tua mengerti output yang diharapkan sekolah. selain dari orang tua peserta didik baru juga dihadiri seluruh anggota komite sekolah serta Majelis Guru dalam rangka perkenalan.
Dalam pertemuan dihadiri semua Pengurus Komite SMK PP negeri padang mengatas dan seluruh majelis guru yg mengajar di kelas X tp 2022/2023.
Seluruh program tahun pelajaran 2022/2023 telah dipaparkan oleh kepala sekolah dan pembiayaan nya dibahas oleh orang tua siswa beserta Pengurus Komite.