Alhamduliah terlaksana dari tgl 27 – 30 Maret 2021 di Kampus Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP) yang dilaksanakan oleh LSP-Pertanian Nasional dg vasilitator dari BNSP.

SMK-PP N Padang Mengatas dg TUK Mandiri Pertanian Legusa SMK PP N Padang Mengatas sampai saat ini mempunyai 4 orang Asesor Kompetensi yang mulai mempunyai sertifikat asesor semenjak 2014 sebanyak 2 orang dan 2 orang 2016 dan belum bertambah jumlahnya tetapi utk syarat TUK Mandiri sudah memenuhi syarat.
Saat ini merupakan RCC kedua bagi yg memiliki sertifikat tahun 2014 dan pertama bagi asesor 2016, dan sebenarnya sudah diajukan untuk tahun 2020 tetapi karena adanya wabah pandemi covid-19 sehingga baru dapat dilaksanakan pada bulan ini dan menurut BNSP masih banyak assesor yg seharusnya melaksanakan RCC belum dapat terjadwalkan.
Pada RCC di Kampus PPNP saat ini baru bisa difasilitasi sebanyak 48 assesor Kompetensi dari berbagai instansi.

Fungsi assesor melaksanakan proses uji kompetensi (asesmen) terhadap asesi dg kewenangan mengumpulkan bukti, menilai sesuai dg yg dioersyaratkan dan merekomendasikan ke BNSP melalui LSP yg menyelengarakan Asesmen.

Oleh sebab itu TUK Mandiri Pertanian Legusa (P 3) berkeinginan menambah assesor sehingga bertambah kompetesi Kerja yg di asesmen di TUK.

Karena TUK Mandiri Pertanian Legusa P 3 maka pelaksanaan asessmen dapat dilakukan untuk siswa sendiri, siswa lain yg meminta, pekerja, dan masyarakat lain yg mengajukan untuk di teruskan ke LSP dan setelah validasi di BNSP sehingga proses uji (asesmen) dapat dilaksanakan.

Demikian sekelumit pelaksanaan RCC assesor kompetensi dari TUK Mandiri Pertanian Legusa yg alhamdulillah sdh dilaksanakan dg ke empat assesor kompetensi kita kompeten dan dapat melaksanakan asesmen tiga tahun kedepan.